Selasa, 15 November 2016

Contoh resensi buku non fiksi

ILMU SILAT MENUMBUHKAN PERCAYA DIRI SENDIRI DAN SIKAP MENTAL KSATRIA

Judul Buku      : KIAT ILMU SILAT YANG HEBAT DAN AMPUH
Penulis             : B. sidartanto Buanadjaya
Penerbit           : ANEKA.CV(Anggota IKAPA), Solo.
Tahun terbit     : Februari 1992
Tebal buku       : 70 halaman




Buku Kiat Ilmu Silat Yang Hebat dan Ampuh karya penulis B. sidartanto Buanadjaya sangatlah bermanfaat. Jika dilihat dari isinya buku ini dapat digunakan oleh semua kalangan baik pria maupun wanita.
Buku ini juga memiliki pengetahuan tentang aneka ragam silat dari zaman ke zaman, aspek olahraga dan pemupukan daya kekuatan, stamina & kesehatan. Selain itu buku ini memiliki seni beladiri yang tinggi mutunya. Buku ini juga banyak memberi cara atau metode teknik-teknik dasar dari beladiri.
Memang ketekunan dan kesabaran merupakan bagian terpenting dari dasar ilmu silat sejati, maka hanya melalui gemblengan fisik maupun mental yang kuat sajalah seorang murid mampu menyerap dan mempraktekkan ilmu shaulin dengan sempurna.
Inilah yang menimbulkan sifat percaya diri, ketabahan, kebijaksanaan dalam ajaran bodhidarma mengenal wu-te atau Martial-virtue, atau sifat kautamaning pribadi. Bagi murid yang asal-asalan atau ingin cepat “lihay” tentu cepat mengundurkan diri dan mencari “Guru” lain yang mau menuruti kemauan mereka secara langsung menurunkan berbagai macam gerakan dan jurus ilmu silat yang “hebat”.
Latihan yang berdisiplinkan tinggi dan keras ini akan melenyapkan rasa tinggi hati atau kesombongan dalam pribadi murid-murid tersebut, sebaliknya menguatkan mental dan semangat mereka untuk tekun berlatih dan memupuk rasa kepercayaan kepada diri sendiri.
Ilmu silat merupakan salah satu jenis olahraga yang memiliki gerakan yang teratur dan sistematis, menurut pola dan kaidah tertentu serta bentuk yang khas. seluruh bagian tubuh tubuh kita akan terlatih dengan sempurna sekali melalui latihan ilmu silat, baik tangan, kaki, bahu, leher, pingggang, punggung, perut, dada tak lepas dari suatu pergerakan yang berirama, oleh karenanya tubuh menjadi sehat dan kuat, stamina atau daya tahan tubuh juga semakin meningkat, kelebihan lemak akan dilenyapkan sehingga badan menjadi ramping, padat, dan berisi.
Kelebihan buku:
Kelebihan buku ini adalah buku ini memberikan bentuk cara gambaran melakukan beladiri silat sangatlah bagus, sehingga pembaca dapat mempraktikkan ilmu yang mereka dapat dari buku ini dan memanfaatkannya didalam kehidupan sehari-hari. buku ini juga mengungkapkan ilmu silat sehingga secara humaniantropologis sehingga mampu diserap oleh pembaca.
Kelemahan buku:
Kelemahan buku ini adalah banyaknya kata metode silat dibuku ini yang tidak dimengerti oleh orang awam membuat bahasa yang digunakan menjadi sulit dimengerti. jadi, metode silat yang ada dibuku ini sebaiknya harus diberi penjelasan agar pembaca mengerti apa yang dimaksud oleh penulis.
Ciri bahasaan:
Buku ini mengunakan sudah bahasa sesuai bahasa Indonesia yang baik dan benar tetapi sesuai dari keterangan kekurangan buku diatas buku ini banyak menggunakan banyak kata metode silatyang tidak dimengerti oleh orang awam.
Manfaat buku:
Manfaat buku ini adalah buku ini sangat bermanfaat bagi kaum wanita yang ingin belajar beladiri, Karena dapat menjaga dirinya dan orang lain disaat hal hal yang tidak diinginkan terjadi. Tidak hanya wanita buku ini juga dapat digunakan oleh laki-laki anak-anak, orang tua dan lain lain. jadi, buku ini dapat digunakan oleh semua kalangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar